Jumat, 02 Desember 2011

TEORI-TEORI SASTRA


1. Teori mimetik adalah teori dalam suatu seni yang menggambarkan suatu kenyataan. istilah mimetik dalam bahasa Yunani diartikan sebagai suatu perwujudan atau peniruan. Jadi, dalam karya sastra, teori ini lebih menggambarkan pada kenyataan yang terjadi di suatu kehidupan.
2. Teori Surealis adalah teori yang berpandang pada suatu hal yang imajinatif, keluar dari kesadaran manusia, dan menggunakan daya pikir kreatif diluar akal sesungguhnya. Jadi, dalam karya sastra, teori ini tidak menggambarkan kehidupan yang sebenarnya, lebih kearah penggunaan daya imajinasi yang tinggi.
3. Teori Semiotik adalah teori yang mempunyai hubungannya dengan suatu tanda-tanda atau simbol-simbol sebagai bagian dari sistematis kode untuk media estetik dan komunikasi dalam suatu informasi. Jadi, dalam karya sastra, teori ini hanya digunakan sebagai pelengkap dan memperindah pada suatu karya sastra.

Perbedaan signifikan dari teori mimetik, teori surealis,dan teori semiotik, yaitu  dilihat dari cara tiap teori memandang karya sastra, teori mimetik memandang karya sastra peniruan dari kehidupan, surealis adalah hasil dari khayalan, dan  semiotik berpendapat karya sastra kumpulan tanda baca, tanda baca tersebut dapat membentuk keindahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar