Rabu, 07 Desember 2011

Pengalamanku saat pertama kali mengajar di salah satu SD di Banjarmasin

Di mata kuliah keterampilan menulis kami di suruh melakukan penelitian dengan cara mengajarkan materi tentang menulis. Aku kena kelompok 1 yaitu menulis indah. Dan kelompok lain kena menulis pantun, makalah, surat, dll.
Saat pertama kali aku masuk ke gerbang sekolah bersama teman sekelompokku, aku sangat terkejut melihat sekolah yang begitu bagus. Baik gedung sekolah, ruang kelas, halaman, kantin, mushalla dsb. begitu nyaman dan bersih. Guru serta murid-muridnya juga ramah. Lalu kami masuk ke kelas, ternyata sangat beda sekali dengan pembelajaran yang pernah saya alami waktu sekolah dulu. pembelajarannya begitu aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan serta islami. Di dalam kelas terdapat fasilitas-fasilitas yang dapat membangun keaktifan para murid. Rasanya pengen cepat-cepat jadi guru beneran dan ingin sekali melakukan belajar dan pembelajaran yang seperti hari ini tadi. Ini adalah pengalaman pertama yang tak pernah bisa aku lupakan. Walaupun aku cuma kena membagi kertas fotokopi dan menuliskan kata dalam tulisan indah saja, dan temanku kena bagian menjelaskan materi Menulis indahnya. Yang menjadi kendala adalah materi di kelas itu seharusnya puisi dan kelas yang kami ajar adalah kelas 5. Namun kami bisa mengatasinya dengan cara menggabungkan antara menulis indah dengan puisi. Denagan cara menuliskan puisi satu bait dengan menulis indah. 

Semoga pengalaman ini bisa bermanfaat nantinya bagi aku yang akan menjadi seorang guru bahasa Indonesia. 
Alhamdulillah yaaaa....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar