Senin, 17 Agustus 2020

PERTEMUAN KELIMA "POLA, STRUKTUR, DAN KEBAHASAAN IKLAN, SLOGAN, DAN POSTER"

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Selamat pagi anak-anak!

Apakah hari ini masih semangat belajarnya?

Walaupun kita tak bertatap muka secara langsung, semoga kalian tetap semangat dalam belajarnya. 

Alhamdulillah, kita masih diberikan kesehatan sehingga kita dapat belajar kembali bersama walaupun hanya lewat daring (online)

Sebelum kalian membaca materi yang ibu berikan, ISI DULU DAFTAR HADIR BAHASA INDONESIA KELAS 8

Kalau sudah mengisi daftar hadir,

Yuk, kita simak dulu video berikut ini.

KLIK   VIDEO PEMBELAJARAN POLA, STRUKTUR, DAN KEBAHASAAN IKLAN, SLOGAN, DAN POSTER

Selamat menyaksikan! 


B. INFORMASI DALAM IKLAN, SLOGAN DAN POSTER

Iklan, slogan dan poster merupakan media penerangan atau persuasif. Sebagai media penerangan atau persuasif, ketiganya mempunyai informasi yang disampaikan kepada khayalak ramai. Pada media komersial, informasi yang disampaikan adalah penjelasan mengenai barang atau jasa yang dipasarkan. Sementara itu, pada media penerangan informasi yang disampaikan dapat berupa ajakan, imbauan, atau informasi penting mengenai suatu  program.


C. SIMPULAN, ISI IKLAN, SLOGAN DAN POSTER

1.  Menyimpulkan isi Iklan

Langkah- langkah:

1)      Amati iklan dengan seksama

2)      Menemukan ide pokok dalam pengembangan iklan tersebut.

3)      Menyusun simpulan dengan kalimat sendiri


2. Menyimpulkan Isi Slogan


1)      Membaca dan mengamati dengan cermat kalimat dalam slogan

2)      Menemukan ide pokok dalam slogan

3)      Menulikan simpulan berdasarkan ide pokok yang telah ditemukan

4)      Jangan lupa, cocokkan kembali simpulanmu dengan isi slogsn ysng kamu amati.

3.      Menyimpulkan Isi Poster

1)      Mengamati gambar dan kalimat poster dengan cermat

2)      Menentukan ide pokok poster

3)      Menyusun simpulan isi poster dengan kalimat sendiri.

 

D.    POLA PENYAJIAN DAN KEBAHASAAN IKLAN, SLOGAN DAN POSTER

1.      Pola Pengembangan Iklan, Slogan Dan Poster

a.      Pola Pengembangan Iklan


b.      Pola Pengembangan Slogan


c.       Pola Pengembangan Poster

 


2.      Struktur Teks Iklan       



a.      Judul atau Nama Produk

Berisi nama produk, jasa, atau kegiatan yang diiklankan

b.      Penjelasan

Berisi tujuan produk, jasa atau kegiatan yang diiklankan. Bagian ini juga menerangkan penjelasan dan detail iklan tersebut.

c.       Nama dan alamat pengiklan

Berisi nama orang, alamat, atau nomor telepon yang dapat dihubungi.

 

3.      Ciri Kebahasaan Iklan, Slogan dan Poster

1.      Bahasa yang digunakan bersifat persuasif (membujuk atau mempengaruhi)

2.      Menggunakan bahasa yang menarik, tepat dan sopan

3.      Menggunakan bahasa yang singkat dan jelas

4.      Tidak terikat oleh bahasa baku

5.      Bahasa dalam iklan, slogan dan poster dibedakan berdasarkan fungsinya

a.      Kata

b.      Frasa

c.       Klausa

d.      Kalimat

Kalimat dalam iklan, slogan dan poster dibedakan menjadi

a.      Kalimat Deklaratif (Kalimat Berita)

Kalimat berita, yaitu kalimat pernyataan yang berfungsi menyatakan atau menginformasikan sesuatu.

Contoh: Batik Aneka, batik murah dan berkualitas.

b.      Kalimat Interogatif (Kalimat Tanya)

Kalimat interogatif berfungsi untuk menanyakan sesuatu.

Contoh: Tertarik berlibur ke Bali?

c.       Kalimat Imperatif  (Kalimat Perintah)

Kalimat imperatif berfungsi untuk mengharapkan tanggapan berupa tindakan dari lawan bicara. Diakhiri intonasi perintah dengan tanda seru (!)

Kalimat perintah ada 3:

a)      Kalimat Perintah Sebenarnya (Kalimat Suruhan).  Biasanya menggunakan partikel -lah

Contoh: Buanglah sampah pada tempatnya!

b)     Kalimat Larangan, biasanya menggunakan kata Jangan

Contoh : Jangan dekati narkoba!

c)      Kalimat Ajakan, biasanya menggunakan kata ayo, mari

Contoh: Mari sukeskan program Indonesia bebas buta aksara!

d.      Kalimat Interjeksi (Kalimat Seru)

Kalimat interjeksi berfungsi untuk menyampaikan perasaan pembicara, diakhiri intonasi seru dengan tanda seru (!). Biasanya menggunakan kata seru, misalnya Wah, Wow, masya Allah, Subhanallah, Amboi , dll.

                                                Contoh: Wah, betapa indah alam Indonesia!

TUGAS  

Kerjakan di buku latihan khusus Bahasa Indonesia, tulis biodata nama dan kelas. Kemudian hasil kerja kalian foto dan segera kirim via WA ke nomor 081348372183 

1.      Sebutkan langkah-langkah menyimpulkan isi iklan!

2.      Sebutkan langkah-langkah menyimpulkan isi slogan!

3.      struktur teks iklan!

4.      Sebutkan ciri kebahasaan teks iklan!

5.      Sebutkan 3 kalimat perintah!

 

 PENGUMUMAN:

Bagi yang belum mengumpul tugas video membaca berita, harap segera kumpul videonya. 

Demikian, pembelajaran hari ini. Semoga bermanfaat dan berkah. Wassalamu'alaikum war. wab. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar